Cara Menjadikan HP Android Sebagai Remote TV

Remot adalah alat yang cukup membatu dan dapat meringankan tugas manusia. Bagaimana tidak, dengan menggunakan perangkat remote kita bisa alat elektronik lainnya tanpa harus beranjak dari tempat duduk kita.

Namun semakin bertambahnya teknologi canggih yang diterapkan pada sebuah perangkat Smartphone kita bisa memanfaatkan perangkat Smartphone untuk menggantikan tugas dari remote konvensional yang ada.

Beberapa vendor smartphone telah memberikan fitur yang berfungsi sebagai alat yang bisa menyambungkan sebuah perangkat smartphone dan bisa mengakses alat elektronik seperti TV AC kulkas VCD atau alat yang bisa dikendalikan menggunakan jaringan cahaya inframerah.

Jika anda telah memiliki perangkat smartphone yang memiliki fitur Ir Blaster maka anda bisa memanfaatkan ponsel Anda tersebut untuk mengoperasikan berbagai alat-alat elektronik yang ada di rumah Anda tanpa harus memasang alat tambahan kecuali aplikasi jika memang aplikasi tersebut tidak support dengan perangkat yang anda miliki.

Untuk mengetahui sebuah perangkat Apakah telah memiliki fitur inframerah atau belum Anda bisa melihatnya di artikel berikut Cara cek infrared di HP Android.

Pada bahasan kali ini kita akan mencoba membuat perangkat smartphone agar bisa dijadikan remote control namun menggunakan beberapa alat tambahan jika perangkat kita tidak mendukung atau memiliki sensor Ir Blaster.

Cara menggunakan handphone menjadi remote control dengan fitur sensor inframerah yang sudah ada di smartphone Android.


Silakan Buka aplikasi remote control yang ada pada handphone android anda. Jika perangkat Anda belum memiliki aplikasi remote control maka anda bisa mengunduhnya di Play Store sesuai dengan perangkat yang akan anda gunakan.

Cara mudah mencari aplikasi yang sesuai dengan perangkat elektronik yang akan kita gunakan yaitu dengan memasukkan nama perangkat atau alat elektronik tersebut pada Kolom pencarian di Play Store, Maka akan muncul beberapa pilihan aplikasi yang memang telah dibuat oleh vendor perangkat tersebut.

Lalu Bagaimana jika aplikasi atau perangkat yang kita gunakan tidak memiliki aplikasi khusus, kita bisa memanfaatkan aplikasi universal yang memang dibuat dan support pada semua perangkat elektronik kita bisa mencoba satu persatu dari beberapa aplikasi yang ada di playstore tersebut.

Jika aplikasi remote control sudah terpasang maka anda bisa langsung membuka dan menggunakannya dengan mencoba semua fitur yang ada satu persatu dan tes Apakah fitur-fitur tersebut berfungsi dengan baik pada perangkat alat elektronik yang akan Anda coba gunakan atau Anda operasikan menggunakan remote control melalui HP Android.

Selanjutnya cara yang kedua yaitu Bagaimana jika perangkat smartphone Android yang kita miliki belum memiliki sensor inframerah dan kita ingin menjadikan handphone tersebut sebagai remote control ?

Sebenarnya perangkat elektronik seperti televisi memiliki berbagai cara yang bisa kita gunakan untuk mengoperasikan dari jarak jauh, seperti contoh Semar TV kita bisa mengoperasikan perangkat tersebut walaupun perangkat kita tidak memiliki sensor inframerah. Jaringan yang digunakan untuk mengoperasikan Smart TV yaitu menggunakan wi-fi atau wireless maupun bluetooth yang bisa menyambungkan perangkat handphone ke Smart TV secara nirkabel.

Namun di sini kita akan membahas Bagaimana cara mengoperasikan alat elektronik seperti TV yang bukan smart tv tv tabung atau alat elektronik seperti AC yang memang tidak menggunakan WiFi atau bluetooth untuk akses pengoperasiannya.

Cara menjadikan smartphone Android yang tidak memiliki sensor Ir Blaster agar bisa dijadikan Remote alat elektronik.


Kita bisa memanfaatkan alat tambahan yang memang sudah tersedia atau dijual di pasaran yang berfungsi untuk menjadi alat tambahan untuk menjadikan perangkat tersebut sebagai remote.

Alat yang dimaksud ini adalah donggle inframerah atau Ir Blaster yang bisa kita pasang dengan mudah sehingga kita bisa menjadikan smartphone menjadi memiliki fitur infrared.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk memasang inframerah tambahan pada smartphone yaitu :


1. Membuat Ir Blaster Sendiri.

Cara membuat alat tambahan sensor inframerah dengan memanfaatkan lampu infrared yang terdapat pada perangkat remote yang sudah terpakai dan di hubungkan dengan cek audio seperti Jack earphone sehingga hal tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Alat yang diperlukan untuk menggunakan cara pertama ini adalah dua buah sensor infrared yang bisa kita ambil dari remote televisi bekas dan jack earphone bekas yang di ambil bagian bawahnya saja, serta Solder dan tinol untuk merekatkan atau menyambungkan nya.

Sambungkan sensor inframerah tersebut ke colokan audio dengan cara di solder setelah itu tancapkan pada lubang earphone yang ada di smartphone.

Untuk bisa menjalankan alat tersebut kita memerlukan aplikasi tambahan yaitu  yang bisa diunduh di Play Store.

Jika kita tidak mau ribet kita bisa memanfaatkan atau menggunakan alat yang memang sudah dijual di pasaran dan tentunya itu harus dengan mengeluarkan sedikit biaya.


2. Menggunakan alat tambahan (Donggle Infrared)


Silakan Anda cari alat tambahan Donggle Infrared,di toko elektronik atau situs online.  Untuk menggunakan alat ini caranya cukup mudah, kita cukup memasangnya dengan mencolokkan alat tersebut pada perangkat smartphone sesuai petunjuk yang terdapat pada alat Ir Blaster  tersebut.

Anda bisa mencarinya di situs jual beli online seperti Lazada Bukalapak atau yang lainnya jika di daerah anda sulit menemukannya.

Untuk menjalankannya, Anda bisa menggunakan aplikasi remote universal yang banyak bertebaran di toko aplikasi seperti Playstore.

Pilih aplikasi yang suport untuk semua perangkat atau yang sesuai dengan tipe perangkat anda. Lihat pada deskripsi aplikasi aplikasi tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menjadikan handphone Android sebagai remote alat elektronik seperti televisi DVD kulkas AC, lampu dan alat-alat lain yang memang bisa digunakan atau dioperasikan dari jarak jauh menggunakan perangkat smartphone.

Semoga dengan menjadikan perangkat handphone kita sebagai remote kita bisa menjadikan alternatif Smartphone kita sebagai pengendali perangkat ketika remote elektronik yang kita miliki mengalami kerusakan atau hal-hal yang lain seperti hilang atau sebagainya. Cara ini bisa diterapkan pada berbagai hp yang sudah menggunakan Os Android dari berbagai vendor seperti OPPO,Samsung ,Xiaomi, Advan Lenovo ,Vivo ,Asus dan vendor lokal lainnya.



Related Posts: