Cara Melihat Password WiFi di HP Android Dengan dan Tanpa Aplikasi

  Cara melihat password wifi di handphone android. Ketika kita menggunakan smartphone namun kehabisan kuota sehingga tidak bisa mengakses internet maka kita bisa menggunakan cara lain yaitu dengan memanfaatkan jaringan wifi gratis,entah itu melalui hotspot dari android maupun hotspot yang ada di tempat umum.



Khusus untuk hotspot gratis yang di berikan namun menggunakan password,
terkadang kita ingin mengakses kembali hotspot tersebut dan kita lupa akan sandi yang diberikan.

Disini kita akan membahas bagaimana cara membuka atau mentetahui password wifi yang pernah kita pakai pada hp android.

Dengan hadirnya internet ,fungsinya telah banyak membatu dalam kehidupan manusia seperti contoh yang sering kita gunakan setiap hari,kita bisa mencari informasi dengan cara mengakses mesin pencari seperti google atau melihat berita di uc news,itu semua tentunya harus terhubung dengan internet.

Untuk bisa mengakses internet kita harus memiliki kuota data  atau pulsa yang harus kita tebus dengan membelinya dari setiap operator seluler yang kita pakai . Jika kita selalu menggunakannya setiap hari, tentu kuota yang kita miliki tersebut akan berkurang atau habis, terlebih jika di gunakan untuk menenton atau mendownload video yang memang memerlukan data yang cukup besar.
Beruntung ada cara lain untuk bisa menikmati internet gratis sehingga kita bisa mengakses internet tanpa harus memiliki kuota internet tersebut.

Caranya adalah dengan mencari free hotspot area.

Hotspot atau area wifi gratis bisa kita gunakan untuk berselancar didunia maya dengan cara menumpang tanpa harus memiliki paket data. Sudah banyak spot-spot yang telah menyediakan free wifi yang tersebar di berbagai tempat.

Contohnya seperti di pusat perbelanjaan,tempat-tempat umum atau warung kopi bahkan dalam transportasi umum sekarang sudah banyak yang memasang hotspot gratis.

Kita bisa menggunakan wifi gratis dengan perangkat smartphone kita dengan cara menyambungkannya ke hotspot tersebut. Ada 2 tipe free hotspot yang bisa kita gunakan tersebut.
Hotspot terbuka ,yaitu jaringan wifi yang bisa kita gunakan tanpa melalui pengaman seperti password.

Free Hotspot dengan kunci pengaman ,Hotspot yang bisa digunkan namun perlu memasukan pasword.

Untuk bisa mengakses internet pada cara yang kedua atau hotspot yang menggunakan kuci keamanan,kita bisa terhubung ke internet dengan cara meminta password tersebut ke pemiliknya.

Namun bagaimana jika suatu saat kita ingin menggunakan kembali hotspot tersebut namun lupa dan malas untuk menayakan password tersebut ke pemiliknya.

Jika kita pernah menggunakan jaringan wifi tersebut pada perangkat smartphone android kita,kita bisa melihatnya kembali password tersebut.

Namun untuk bisa melihat password wifi yang telah tersimpan tersebut diperlukan cara dan alat khusus untuk melihatnya.

  • Berikut adalah beberapa cara dan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melihat password wifi di hp android kita.Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meRoot terlebih dahulu perangkat smartphone kita tersebut.
  • Setelah prosse root sudah selsesai,makan anda perlu memasang sebuah aplikasi yaitu ES File Explorer.

Berikut cara menggunakan ES File Explorer :


  1. Install terlebih dahulu aplikasi ES File Explorer pada perangkat Android yang sudah diroot .
  2. Buka ES File Explorer, lalu pilih Device.
  3. Selanjutnya, pilih folder dengan nama ‘Data’
  4. Arahkan ke folder ‘data/misc/wifi’, lalu Anda akan menemukan file dengan nama ‘wpa_suplicant.conf.’ 
  5. Tekan pada file tersebut untuk membukanya dan pastikan Anda menggunakan ES File Explorer’s built-in untuk menampilkan text/HTML.
  6. Cari menu Network SSID pada file tersebut, Di bawah SSID ada tulisan ‘PSK’ yang menunjukan password Wi-Fi dari suatu jaringan.
  7. Catat password Wi-Fi tersebut.

Lakukan cara yang sama jika Anda ingin kembali melihat password dari jaringan Wi-Fi lainnya
Adapun Cara lainya yaitu dengan menggunakan aplikasi WiFi Key Recovery.


Sama seperti cara diatas ,anda perlu melakukan root terlebih dahulu pada perangkat handphone tersebut.

Selanjutnya download aplikasi dengan nama WiFi Key Recovery pada Google Play Store secara gratis.

Lalu Install Wi-Fi Key Recovery , Ketika Aplikasi Wi-Fi Key Recovery di jalankan, aplikasi ini akan meminta akses superuser ,silahkan Pilih ‘Grant’ pada popup, kemudian Anda akan melihat daftar jaringan Wi-Fi yang dilengkapi dengan password. Bila Anda ingin mencari jaringan Wi-Fi dengan nama tertentu, Anda dapat menggunakan ‘SSID Quicksearch’.

Itulah cara melihat password wifi yang ada pada handphone android yang pernah kita gunakan sebelumnya,sehingga kita bisa menggunakan internet gratis tanpa harus meminta password lagi ke pemilik hotspot tersebut. Cara ini mungkin tidak berlaku jika password telah dirubah.

Related Posts: